7 keajaiban dunia, LAMA vs BARU

Bookmark and Share



meta name="Generator" content="Microsoft Word 11">

Better Late than Never…(ini pasti semacam pembelaan diri dari orang setuwa saya dan tentu sudah sangat pandai merancang muslihat yg bernama ALASAN)…haha!

Tak apalah…

Kalau toh ada orang lain yg ternyata juga belum tahu, barangkali saya tak kan terlalu merasa bersalah karena membodohi diri sendiri akibat malas, malas dan malas membaca. Hakh, semoga masih banyak orang yg juga senasib karena tidak tahu kalo keajaiban dunia ini ada kategorinya….(payah nih….malah nyeret2 orang lain)…

Pencetus awal daftar 7 keajaiban dunia kuno ini adalah Antipater Sidon, seorang antologi Yunani yang mendaftar struktur keajaiban dunia dalam sebuah puisi pada 140 Sebelum Masehi….(pastilah si Antipater itu punya selera sastra yg mengagumkan untuk menceritakan keindahan 7 keajaiban dunia ini).

Ini loh kategorinya…(sayang tidak ada referensi puisinya):

7 keajaiban dunia kuno:

Patung Helios @ Yunani, Taman Gantung Babilonia @ Irak, Makam Mausolus @ Turki, Mercusuar Pharos @ Mesir, Piramida Giza @ Mesir, Patung Zeus @ Yunani dan Kuil Artemis di Turki.

7 keajaiban dunia pertengahan:

Katakombe Kom El Shoqafa, Colosseum @ Italia, Tembok Cina @ Tiongkok, Hagia Sophia @ Turki, menara Pisa Italia, merana porselen Nanjing Tiongkok, Stonehenge Inggris.

7 keajaiban dunia alam:

Grand Canyon AS, Great Barrier Reef Australia, Pelabuhan Rio De Janeiro Brazil, Gunung Everest Tibet, Aurora Borealis (Nortehrn Lights), Gunung merapi Paricutin di Meksiko, air terjun Victoria di Afrika Selatan.

7 keajaiban dunia bawah air:

Belize Barrier Reef, Deep-Sea Vents, kepulauan Galapagos, Great Barrier Reef, Danau Baikal, Laut Northern Red dan Palau

7 keajaiban dunia modern:

Terowongan Channel di Inggris & Perancis, Menara CN di Kanada, Gedung Empire State di AS, Jembatan Golden Gate, Dam Itaipu di Brazil dan Paraguay, Delta Works di Belanda, dan terusan Panama

Nah, waktu jaman SD dulu, ketika digit tahun masih 1900an, 7 keajaiban dunia yg biasanya disebut di buku-buku pelajaran sekolah, ini nih:

Kabah di Saudi Arabia, Tembok Cina, Candi Borobudur, Menara Eiffel, Colosseum di Roma, Menara Condong Pisa, dan Taj Mahal India

Tahukah kau kawan????

bahwa tanggal 7-7-07 kemarin, 7 keajaiban dunia ini telah di definisikan ulang melalui pemilihan berskala global (voting lewat SMS, internet dan telepon) di Lisbon Portugal.

Hasilnya adalah: Tembok Besar Cina, Petra di Yordania, patung Christ Redeemer di Brazil, kota pegunungan Machu Picchu di Peru, Chichen Itza di Mexico, Colosseum di Itali dan Taj Mahal India.

Nah, yang lebih menyedihkan dan memberatkan hatiku adalah, setelah 7 keajaiban dunia ini di definisi ulang pun setelah berpuluh-puluh tahun , ternyata hampir semua belum kukunjungi. Obsesi untuk menikmati keajaiaban dunia makin tergenang dan memenjarakan mimpiku......(hukh...jangan pesimis...siapa tahu tahun ini aku bisa ke Roma!)...amien amin

Banyak orang berdebat, kecewa karena Borobudur tak lagi masuk daftar bergengsi itu. Tapi apapun predikatnya, Borobudur, Piramida mesir, Menara Pisa, atau apa saja tetap menjadi keajaiban tersendiri bagiku. Sampai kapanpun...